KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang
dalam kami sampaikan kehadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat
kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan
kepada baginda kita Nabi Besar Muhammad SAW, kapada keluarganya para sahabatnya
hingga kita selaku umatnya sampai akhir zaman. Selanjutnya makalah ini diberi judul
“Hakikat
Pembelajaran“ yang merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen
Kurikulum Pembelajaran pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul
Anwar Banten Tahun Akademik 2013
Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas
dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami
ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada :
1.
Bapak Drs. Asep Abdullah, M.Pd selaku dosen
mata kuliah Kurikulum Pembelajaran pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
UNMA Banten
2.
Teman–teman mahasiswa
seperjuangan khususnya Fakultas FKIP UNMA Banten Tahun Akademik 2013
Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan,
koreksi dan saran.
Kami menyadari bahwa
dalam penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu
saran dan kritik yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan guna perbaikan penulisan
makalah di masa yang akan datang.
Semoga makalah ini dapat
berguna bagi kita semua.
Cikaliung, 30 April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 1
A.
Latar Belakang Masalah.......................................................................................... 2
B.
Rumusan Masalah.................................................................................................... 2
C.
Tujuan Pembahasan................................................................................................. 2
D.
Sistematika Penulisan.............................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 4
A.
Pengertian Pembelajaran.......................................................................................... 4
B.
Teori-teori Pembelajaran.......................................................................................... 4
C.
Ciri-ciri Pembelajaran.............................................................................................. 6
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 10
A.
Simpulan.................................................................................................................. 10
B.
Saran ....................................................................................................................... 10
DAFTAR ISTILAH ......................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Seiring dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang pesat
sekarang ini, akan membawa dampak kemajuan di berbagai bidang kehidupan. Agar
dapat mengikuti dan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha
menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pendidikan.
Pendidikan adalah
sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh
pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan
ketentuan. Pendidikan menurut bentuknya
dibedakan menjadi dua, yaitu : pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Pendidikan formal adalah pendidikan yang berlangsung secara teratur, bertingkat
dan berkesinambungan. Sedangkan
pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilakukan secara tertentu tetapi
tidak mengikuti peraturan yang ketat. Sekolah sebagai lembaga formal yang
menyelenggarakan pendidikan bagi siswa. Pendidikan tersebut mempunyai fungsi
(UU No.20 tahun 2003 pasal 3):
Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi Warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.
B. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, kami merumuskan masalah yang
membutuhkan pemikiran lebih lanjut, masalah yang dimaksud ialah :
1. Apa pengertian pembelajaran ?
2. Bagaimana tentang teori- teori pembelajaran ?
3.
Bagaimana ciri- ciri
pembelajaran ?
4.
Unsur- unsur apa saja yang ada dalam pembelajaran ?
C. Tujuan Pembahasan
Beberapa
tujuannya antara lain :
1. Untuk
mengetahui tentang pengertian
pembelajaran
2. Untuk
mengetahui teori-teori
pembelajaran
3. Untuk mengetahui ciri-ciri pembelajaran
4. Untuk mengetahui unsur-unsur dalam pembelajaran
D. Sistematika Penulisan
Adapun
sistematika penulisan sebagai berikut :
A. Latar
Belakang Masalah
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
Pembahasan
D. Sistematika
Penulisan
BAB
II PEMBAHASAN
1. Pengertian Pembelajaran
2. Teori – teori Pembelajaran
3. Ciri – ciri Pembelajaran
4. Unsur – unsur Pembelajaran
BAB
III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR ISTILAH
DAFTAR
PUSTAKA
BAB II
PEMBAHASAN
HAKIKAT PEMBELAJARAN
1. PENGERTIAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun
meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur
yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam
sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya, misalnya tenaga
laboratorium. Material, meliputi
buku-buku, papan tulis, dan kapur, fotografi, slide dan film, audio dan vidio
tape. Fasilitas dan perlengkapan, terdiri dari ruangan
kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur, meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi,
praktik, belajar, ujian dan sebagainya.
2.
TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
Istilah mengajar dan belajar adalah dua peristiwa yang
berbeda, tetapi terdapat hubungan yang erat, bahkan terjadi kaitan dan
interaksisaling pengaruh-mempengaruhi dan saling menunjang satu sama lain.
Banyak ahli yang telah merumuskan pengertian mengajar
berdasarkan pandangannya masing-masing. Perumusan dan tinjauan itu
masing-masing memiliki kebaikan dan kelamahan. Berbagai rumusan yang ada pada
dasarnya berlandaskan pada teori tertentu.
a. Mengajar adalah
Upaya Menyampaikan Pengetahuan Kepada Peserta Didik/Siswa di Sekolah
Konsep-konsep
yang terkandung dalam teori pendidikan sebagai berikut :
1.
Pembelajaran merupakan persiapan dimasa depan
2.
Pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian
pengetahuan
3.
Tinjauan utama pembelajaran ialah penguasaan pengetahuan
4.
Guru dipandang sebagai orang yang sangat berkuasa
5.
Siswa selalu bersikap dan bertindak pasif
6.
Kegiatan pembelajaran hanya berlangsung dalam kelas
b. Mengajar adalah
Mewariskan Kebudayaan Kepada Generasi Muda Melalui Lembaga Pendidikan Sekolah
1.
Pembelajaran bertujuan membentuk manusia berbudaya
2.
Pembelajaran berarti suatu proses pewarisan
3.
Bahan pembelajaran bersumber dari kebudayaan
4.
Siswa sebagai generasi muda ahli waris kebudayaan
c. Pembelajaran adalah
Upaya Mengorganisasi Lingkungan untuk
Menciptakan Kondisi Belajar Bagi Peserta Didik
1.
Pendidikan bertujuan mengembangkan atau mengubah
tingkahlaku peserta didik
Pribadi
adalah suatu sistem yang bersifat unik, terintegrasi dan terorganisasi yang
meliputi semua jenis tingkah laku individu. Pada hakikatnya pribadi tidak lain
dari pada tingkah laku itu sendiri. kepribadian mempunyai ciri-ciri :
1.
Berkembang secara berkelanjutan sepanjang hidup manusia
2.
Pola organisasi kepribadian berbeda untuk setiap orang
dan bersifat unik
3.
Kepribadian bersifat dinamis, terus berubah melalui
cara-cara tertentu.
2.
Kegiatan pembelajaran berupa perorganisasian lingkungan
3.
Peserta didik sebagai suatu organisme yang hidup
d. Pembelajaran adalah
Upaya Mempersiapkan Peserta Didik untuk
Menjadi Warga Masyarakat yang
Baik
1.
Tujuan pembelajaran
2.
Pembelajaran berlangsung dalam suasana kerja
3.
Peserta didik/siswa sebagai calon warga negara yang
memiliki potensi untuk bekerja
4.
Guru sebagai pimpinan dan pembimbing bengkel kerja
e. Pembelajaran adalah
Suatu Proses Pembantu Siswa Menghadapi Kehidupan Masyarakat Sehari-hari
1.
Tujuan pembelajaran ialah mempersiapkan siswa untuk hidup
dalam masyarakatnya
2.
Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam hubungan sekolah
dan masyarakat
3.
Siswa belajar secara aktif
4.
Guru juga bertugas sebagai komunikator
3.
CIRI – CIRI PEMBELAJARAN
Ada tiga ciri khas yang terkandung dalam sistem pembelajaran, ialah :
1.
Rencana, ialah penataan ketenagaan, material, dan
prosedur, yang merupakan unsur-unsur sistem pembelajaran, dalam suatu rencana
khusus.
2.
Kesalingtergantungan (interpendence), antara unsur-unsur
sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan.
Tiap
unsur bersifat esensial, dan masing-masing memberikan sumbangannya kepada
sistem pembelajaran.
3. Tujuan, sistem
pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Ciri ini menjadi dasar perbedaan antara sistem
yang dibuat oleh manusia dan sistem yang alami (natural). Sistem yang
dibuat oleh manusia, seperti : sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem pemerintahan,
semuanya memiliki tujuan. Sistem alami (natural) seperti: sistem ekologi, sistem
kehidupan hewan, memiliki unsur-unsur yang saling ketergantungan satu sama lain,
disusun sesuai dengan rencana tertentu, tetapi tidak mempunyai tujuan tertentu.
4.
UNSUR – UNSUR PEMBELAJARAN
Unsur Dinamis Pembelajaran pada Diri Guru
a.
Motivasi pembelajarkan siswa
b.
Kondisi guru siap membelajarkan siswa
Unsur Pembelajaran Konkruen dengan Unsur Belajar
a.
Motivasi belajar menuntut sikap tanggap dari pihak guru
serta kemampuan untuk mendorong motivasi dengan berbagai upaya pembelajaran
Ada beberapa prinsip yang dapat digunakan oleh guru dalam
rangka memotivasi siswa agar belajar, ialah :
1.
Prinsip kebermaknaan
2.
Prasyarat
3.
Model
4.
Komunikasi terbuka
5.
Daya tarik
6.
Aktif dalam latihan
7.
Latihan yang terbagi
8.
Tekanan instruksional
9.
Keadaan yang menyenangkan
b.
Sumber-sumber yang digunakan sebagai bahan belajar
terdapat pada:
1.
Buku pelajaran yang sengaja disiapkan dan berkenaan
dengan mata ajaran tertentu.
2.
Pribadi guru sendiri pada dasarnya merupakan sumber tak
tertulis dan sangat penting serta sangat kaya dan luas,
yang perlu dimanfaatkan secara maksimal.
3.
Sumber masyarakat, juga merupakan sumber
yang paling kaya bagi bahan belajar siswa.
c.
Mengadakan alat-alat bantu belajar dilakukan oleh guru,
siswa sendiri dan bantuan orang tua
1.
Memilih dan menggunakan alat bantuan yang tersedia di
sekolah sesuai dengan rencana pembelajaran
2.
Siswa memilih dan membuat sendiri alat bantuan yang
diperlukan
3.
Membeli dipasaran bebas seandainya alat-alat yang
diperlukan itu ada dipasaran dan cocok untuk kegiatan belajar yang akan
dilakukan
d.
Untuk menjamin dan membina suasana belajar yang efektif,
guru dan siswa dapat melakukan beberapa upaya, sebagai berikut :
1.
Sikap guru sendiri terhadap pembelajaran di kelas
2.
Perlu adanya kesadaran yang tinggi dikalangan siswa untuk
membina disiplin dan tata tertib yang baik dalam kelas
3.
Guru dan siswa berupaya menciptakan hubungan dan kerja
sama yang serasi, selaras dan seimbang dalam kelas yang dijiwai oleh rasa
kekeluargaan dan kebersamaa.
e.
Subjek belajar yang berada dalam kondisi kurang mantap
perlu diberikan binaan.
BAB
III
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Pendidikan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan.
Latihan menitikberatkan pada pembentukan keterampilan, sedangkan pengajaran merupakan
proses pengajaran yang terarah pada tujuan yang direncanakan. Teknologi pendidikan
menitikberatkan pada aplikasi kreatif ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan.
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun,
meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur,
yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Demikian
makalah ini dalam mata kuliah Kurikulum Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Drs.
Asep Abdullah, M.Pd yang tentunya masih jauh dari kesempurnaan. Kami sadar bahwa makalah ini merupakan proses
dalam menempuh pembelajaran, untuk itu kami mengharapkan kritik serta saran
yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Harapan pemakalah semoga makalah ini
dapat dijadikan suatu ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Amin.
DAFTAR
ISTILAH
1. UU No.20 tahun 2003
pasal 3
Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi Warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.
2. Kesalingtergantungan
(interpendence)
3. Alami
(natural)
DAFTAR
PUSTAKA
Hamalik, Oemar, (1994), Kurikulumdan
Pembelajaran, Diterbitkan oleh PT Bumi Angkasa, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar