Jumat, 07 Juni 2013

Kurikulum Pembelajaran


KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda kita Nabi Besar Muhammad SAW, kapada keluarganya para sahabatnya hingga kita selaku umatnya sampai akhir zaman. Selanjutnya makalah ini diberi judul “Hakikat Pembelajaran“ yang merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen Kurikulum Pembelajaran pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten Tahun Akademik  2013
         Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs. Asep Abdullah, M.Pd selaku dosen mata kuliah Kurikulum Pembelajaran pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNMA Banten
2.      Teman–teman mahasiswa seperjuangan khususnya Fakultas FKIP UNMA Banten Tahun Akademik 2013
Dalam  proses pendalaman materi ini,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan guna perbaikan penulisan makalah di masa yang akan datang.
Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
Cikaliung, 30 April  2013

Penulis
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................     i
DAFTAR ISI.....................................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................    1
A.    Latar Belakang Masalah..........................................................................................    2
B.     Rumusan Masalah....................................................................................................    2
C.     Tujuan Pembahasan.................................................................................................    2
D.    Sistematika Penulisan..............................................................................................    2
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................................    4
A.    Pengertian Pembelajaran..........................................................................................    4
B.     Teori-teori Pembelajaran..........................................................................................    4
C.     Ciri-ciri Pembelajaran..............................................................................................    6
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 10
A.    Simpulan.................................................................................................................. 10
B.     Saran ....................................................................................................................... 10
DAFTAR ISTILAH ......................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 12
 
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang pesat sekarang ini, akan membawa dampak kemajuan di berbagai bidang kehidupan. Agar dapat mengikuti dan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pendidikan.
Pendidikan adalah sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan ketentuan.  Pendidikan menurut bentuknya dibedakan menjadi dua, yaitu : pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang berlangsung secara teratur, bertingkat dan berkesinambungan.  Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilakukan secara tertentu tetapi tidak mengikuti peraturan yang ketat. Sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan bagi siswa. Pendidikan tersebut mempunyai fungsi (UU No.20 tahun 2003 pasal 3): 
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi Warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


B.     Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, kami merumuskan masalah yang membutuhkan pemikiran lebih lanjut, masalah yang dimaksud ialah :
1.      Apa pengertian pembelajaran ?
2.      Bagaimana tentang teori- teori pembelajaran  ?
3.    Bagaimana ciri- ciri  pembelajaran ?
4.    Unsur- unsur apa saja yang ada dalam pembelajaran ?
C.    Tujuan Pembahasan
Beberapa tujuannya antara lain :
1.      Untuk mengetahui tentang pengertian pembelajaran
2.      Untuk mengetahui teori-teori pembelajaran
3.      Untuk mengetahui ciri-ciri pembelajaran
4.      Untuk mengetahui unsur-unsur dalam pembelajaran
D.    Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan sebagai berikut :
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Pembahasan
D.    Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
1.      Pengertian Pembelajaran
2.      Teori – teori Pembelajaran
3.      Ciri – ciri Pembelajaran
4.      Unsur – unsur Pembelajaran
BAB III PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran
DAFTAR ISTILAH
DAFTAR PUSTAKA

















BAB II
PEMBAHASAN
HAKIKAT PEMBELAJARAN
1.      PENGERTIAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya, misalnya tenaga laboratorium. Material, meliputi buku-buku, papan tulis, dan kapur, fotografi, slide dan film, audio dan vidio tape. Fasilitas dan perlengkapan, terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur, meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, belajar, ujian dan sebagainya.
2.      TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
Istilah mengajar dan belajar adalah dua peristiwa yang berbeda, tetapi terdapat hubungan yang erat, bahkan terjadi kaitan dan interaksisaling pengaruh-mempengaruhi dan saling menunjang satu sama lain.
Banyak ahli yang telah merumuskan pengertian mengajar berdasarkan pandangannya masing-masing. Perumusan dan tinjauan itu masing-masing memiliki kebaikan dan kelamahan. Berbagai rumusan yang ada pada dasarnya berlandaskan pada teori tertentu.
a.      Mengajar adalah Upaya Menyampaikan Pengetahuan Kepada Peserta Didik/Siswa di Sekolah
Konsep-konsep yang terkandung dalam teori pendidikan sebagai berikut :
1.      Pembelajaran merupakan persiapan dimasa depan
2.      Pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian pengetahuan
3.      Tinjauan utama pembelajaran ialah penguasaan pengetahuan
4.      Guru dipandang sebagai orang yang sangat berkuasa
5.      Siswa selalu bersikap dan bertindak pasif
6.      Kegiatan pembelajaran hanya berlangsung dalam kelas
b.      Mengajar adalah Mewariskan Kebudayaan Kepada Generasi Muda Melalui Lembaga Pendidikan Sekolah
1.      Pembelajaran bertujuan membentuk manusia berbudaya
2.      Pembelajaran berarti suatu proses pewarisan
3.      Bahan pembelajaran bersumber dari kebudayaan
4.      Siswa sebagai generasi muda ahli waris kebudayaan
c.       Pembelajaran adalah Upaya Mengorganisasi Lingkungan untuk Menciptakan Kondisi Belajar Bagi Peserta Didik
1.      Pendidikan bertujuan mengembangkan atau mengubah tingkahlaku peserta didik
Pribadi adalah suatu sistem yang bersifat unik, terintegrasi dan terorganisasi yang meliputi semua jenis tingkah laku individu. Pada hakikatnya pribadi tidak lain dari pada tingkah laku itu sendiri. kepribadian mempunyai ciri-ciri :
1.      Berkembang secara berkelanjutan sepanjang hidup manusia
2.      Pola organisasi kepribadian berbeda untuk setiap orang dan bersifat unik
3.      Kepribadian bersifat dinamis, terus berubah melalui cara-cara tertentu.
2.      Kegiatan pembelajaran berupa perorganisasian lingkungan
3.      Peserta didik sebagai suatu organisme yang hidup
d.      Pembelajaran adalah Upaya Mempersiapkan Peserta Didik untuk Menjadi Warga Masyarakat yang Baik
1.      Tujuan pembelajaran
2.      Pembelajaran berlangsung dalam suasana kerja
3.      Peserta didik/siswa sebagai calon warga negara yang memiliki potensi untuk bekerja
4.      Guru sebagai pimpinan dan pembimbing bengkel kerja
e.       Pembelajaran adalah Suatu Proses Pembantu Siswa Menghadapi Kehidupan Masyarakat Sehari-hari
1.      Tujuan pembelajaran ialah mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakatnya
2.      Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam hubungan sekolah dan masyarakat
3.      Siswa belajar secara aktif
4.      Guru juga bertugas sebagai komunikator

3.      CIRI – CIRI PEMBELAJARAN
Ada tiga ciri khas yang terkandung dalam sistem pembelajaran, ialah :
1.      Rencana, ialah penataan ketenagaan, material, dan prosedur, yang merupakan unsur-unsur sistem pembelajaran, dalam suatu rencana khusus.
2.      Kesalingtergantungan (interpendence), antara unsur-unsur sistem pembelajaran yang serasi dalam suatu keseluruhan. Tiap unsur bersifat esensial, dan masing-masing memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.
3.      Tujuan, sistem pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Ciri ini menjadi dasar perbedaan antara sistem  yang dibuat oleh manusia dan sistem yang alami (natural). Sistem yang dibuat oleh manusia, seperti : sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem pemerintahan, semuanya memiliki tujuan. Sistem alami (natural) seperti: sistem ekologi, sistem kehidupan hewan, memiliki unsur-unsur yang saling ketergantungan satu sama lain, disusun sesuai dengan rencana tertentu, tetapi tidak mempunyai tujuan tertentu.
4.      UNSUR – UNSUR PEMBELAJARAN
Unsur Dinamis Pembelajaran pada Diri Guru
a.       Motivasi pembelajarkan siswa
b.      Kondisi guru siap membelajarkan siswa
Unsur Pembelajaran Konkruen dengan Unsur Belajar
a.       Motivasi belajar menuntut sikap tanggap dari pihak guru serta kemampuan untuk mendorong motivasi dengan berbagai upaya pembelajaran
Ada beberapa prinsip yang dapat digunakan oleh guru dalam rangka memotivasi siswa agar belajar, ialah :
1.      Prinsip kebermaknaan
2.      Prasyarat
3.      Model
4.      Komunikasi terbuka
5.      Daya tarik
6.      Aktif dalam latihan
7.      Latihan yang terbagi
8.      Tekanan instruksional
9.      Keadaan yang menyenangkan
b.      Sumber-sumber yang digunakan sebagai bahan belajar terdapat pada:
1.      Buku pelajaran yang sengaja disiapkan dan berkenaan dengan mata ajaran tertentu.
2.      Pribadi guru sendiri pada dasarnya merupakan sumber tak tertulis dan sangat penting serta sangat kaya dan luas, yang perlu dimanfaatkan secara maksimal.
3.      Sumber masyarakat, juga merupakan sumber yang paling kaya bagi bahan belajar siswa.
c.       Mengadakan alat-alat bantu belajar dilakukan oleh guru, siswa sendiri dan bantuan orang tua
1.      Memilih dan menggunakan alat bantuan yang tersedia di sekolah sesuai dengan rencana pembelajaran
2.      Siswa memilih dan membuat sendiri alat bantuan yang diperlukan
3.      Membeli dipasaran bebas seandainya alat-alat yang diperlukan itu ada dipasaran dan cocok untuk kegiatan belajar yang akan dilakukan
d.      Untuk menjamin dan membina suasana belajar yang efektif, guru dan siswa dapat melakukan beberapa upaya, sebagai berikut :
1.      Sikap guru sendiri terhadap pembelajaran di kelas
2.      Perlu adanya kesadaran yang tinggi dikalangan siswa untuk membina disiplin dan tata tertib yang baik dalam kelas
3.      Guru dan siswa berupaya menciptakan hubungan dan kerja sama yang serasi, selaras dan seimbang dalam kelas yang dijiwai oleh rasa kekeluargaan dan kebersamaa.
e.       Subjek belajar yang berada dalam kondisi kurang mantap perlu diberikan binaan.
















BAB III
PENUTUP
A.    SIMPULAN
Pendidikan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan. Latihan menitikberatkan pada pembentukan keterampilan, sedangkan pengajaran merupakan proses pengajaran yang terarah pada tujuan yang direncanakan. Teknologi pendidikan menitikberatkan pada aplikasi kreatif ilmu pengetahuan  dalam bidang pendidikan.
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun, meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur, yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
            Demikian makalah ini dalam mata kuliah Kurikulum Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Drs. Asep Abdullah, M.Pd yang tentunya masih jauh dari kesempurnaan. Kami  sadar bahwa makalah ini merupakan proses dalam menempuh pembelajaran, untuk itu kami mengharapkan kritik serta saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Harapan pemakalah semoga makalah ini dapat dijadikan suatu ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Amin.






DAFTAR ISTILAH
1.      UU No.20 tahun 2003 pasal 3
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi Warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2.      Kesalingtergantungan (interpendence)
3.      Alami (natural)














DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar, (1994), Kurikulumdan Pembelajaran, Diterbitkan oleh PT Bumi Angkasa, Jakarta.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar