Jumat, 07 Juni 2013

Rencana pembelajaran

KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda kita Nabi Besar Muhammad SAW, kapada keluarganya para sahabatnya hingga kita selaku umatnya sampai akhir zaman. Selanjutnya makalah ini diberi judul “ Landasan-Landasan Perencanaan Pembelajaran yang merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen Perencanaan Pembelajaran pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten Tahun Akademik 2013
         Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami ingin mengucap rasa terima kasih kepada :
1.      Bapak Didi sarmedi, M.Pd. selaku dosen mata kuliah perencanaan Pembelajaran pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNMA Banten
2.      Teman–teman mahasiswa seperjuangan khususnya Fakultas FKIP UNMA Banten Tahun Akademik 2013
Dalam  proses pendalaman materi ini,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan guna perbaikan penulisan makalah di masa yang akan datang.
Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.



Cikaliung, 1 April  2013

Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .....................................................................................................     i
DAFTAR ISI ....................................................................................................................    ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................    1
A.    Latar Belakang Masalah .........................................................................................    1
B.     Rumusan Masalah ...................................................................................................    2
C.     Tujuan Pembahasan ................................................................................................    2
D.    Sistematika Penulisan .............................................................................................    2
BAB II PEMBAHASAN .................................................................................................    4
A.    Landasan Filsafat ...................................................................................................    4
B.     Landasan Sosial Budaya.........................................................................................    6
C.     Landasan psikologis ...............................................................................................    8
D.    Landasan ilmu pengetahuan dan Teknologi ........................................................... 10
E.     Teori Belajar Yang Melandasi perencanaan pembelajaran...................................... 12
1.      Teori Belajar Disiplin Mental atau Psikologi Daya ........................................... 12
2.      Teori Belajar Behaviorisme atau Psikologi Tingkah Laku ................................ 12
3.      Individu dalam Belajar : ................................................................................... 13
a.       Kemampuan Potensial ................................................................................ 13
b.      Kesiapan dalam Belajar .............................................................................. 13
c.       Motivasi Belajar .......................................................................................... 14
d.      Tujuan yang Ingin dicapai .......................................................................... 15
e.       Minat Belajar .............................................................................................. 15
f.       Situasi yang Mempengaruhi ....................................................................... 16
g.      Keteraturan waktu dan disiplin dalam belajar ............................................ 17
4.      Tipe-tipe Belajar ............................................................................................... 17

BAB III PENUTUP ......................................................................................................... 20
A.    Simpulan ................................................................................................................. 20
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................... 21

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang pesat sekarang ini, akan membawa dampak kemajuan di berbagai bidang kehidupan. Agar dapat mengikuti dan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pendidikan.
Pendidikan adalah sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan ketentuan.  Pendidikan menurut bentuknya dibedakan menjadi dua, yaitu : pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang berlangsung secara teratur, bertingkat dan berkesinambungan.  Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilakukan secara tertentu tetapi tidak mengikuti peraturan yang ketat. Sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan bagi siswa. Pendidikan tersebut mempunyai fungsi (UU No.20 tahun 2003 pasal 3): 
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Perencana pembelajaran sebagai rancangan dari pendidikan, mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam keseluruhan kegiatan pendidikan, menentukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Mengingat begitu pentingnya peranan perencana pembelajaran di dalam pendidikan dan di dalam perkembangan kehidupan manusia, maka pengembangan perencanaan pembelajaran tidak dapat sembarangan. Pengembangan perencanaan pembelajaran membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan atas hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Salah satu landasan yang berkaitan dengan peranan anak dalam pengembangan perencanaan pembelajaran adalah landasan psikologis.
B.     Rumusan Masalah
dalam makalah ini, kami merumuskan masalah yang membutuhkan pemikiran lebih lanjut, masalah yang dimaksud ialah :
1.      Bagaimana Tentang Landasan-Landasan Perencanaan Pembelajaran  ?
2.    Teori Apa Yang Melandasi Perencanaan Pembelajaran ?
C.    Tujuan pembahasan
Beberapa tujuannya antara lain :
1.      Untuk mengetahui Tentang Landasan-Landasan Perencanaan Pembelajaran  
2.      Untuk mengetahui Teori  Yang Melandasi Perencanaan Pembelajaran
D.    Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan sebagai berikut :

A.    Latar belakang masalah
B.     Rumusan masalah
C.     Tujuan pembahasan
D.    Sistematika penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Landasan Filsafat
B.     Landasan Sosial Budaya
C.     Landasan psikologis
D.    Landasan ilmu pengetahuan dan Teknologi
E.     Teori Belajar Yang Melandasi perencanaan pembelajaran
1.      Teori Belajar Disiplin Mental atau Psikologi Daya
2.      Teori Belajar Behaviorisme atau Psikologi Tingkah Laku
3.      Individu dalam Belajar :
a.       Kemampuan Potensial
b.      Kesiapan dalam Belajar
c.       Motivasi Belajar
d.      Tujuan yang Ingin dicapai
e.       Minat Belajar
f.       Situasi yang Mempengaruhi
g.      Keteraturan waktu dan disiplin dalam belajar
4.      Tipe-tipe Belajar

BAB III PENUTUP
A.    Simpulan
DAFTAR PUSTAKA




BAB II
PEMBAHASAN
LANDASAN-LANDASAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A.    Landasan Filsafat
Filsafat memegang peranan penting dalam pengembangan kuikulum. Sama halnya seperti dalam Filsafat Pendidikan, kita dikenalkan pada berbagai aliran filsafat, seperti : perenialisme, essensialisme, eksistesialisme, progresivisme, dan rekonstruktivisme. Dalam pengembangan kurikulum pun senantiasa berpijak pada aliran – aliran filsafat tertentu, sehingga akan mewarnai terhadap konsep dan implementasi kurikulum yang dikembangkan. Dengan merujuk kepada pemikiran Ella Yulaelawati (2003), di bawah ini diuraikan tentang isi dari-dari masing-masing aliran filsafat, kaitannya dengan pengembangan kurikulum.
a.       Perenialisme
 lebih menekankan pada keabadian, keidealan, kebenaran dan keindahan dari pada warisan budaya dan dampak sosial tertentu.Pengetahuan dianggap lebih penting dan kurang memperhatikan kegiatan sehari-hari. Pendidikan yang menganut faham ini menekankan pada kebenaran absolut , kebenaran universal yang tidak terikat pada tempat dan waktu. Aliran ini lebih berorientasi ke masa lalu.



b.      Essensialisme
menekankan pentingnya pewarisan budaya dan pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik agar dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna. Matematika, sains dan mata pelajaran lainnya dianggap sebagai dasar-dasar substansi kurikulum yang berharga untuk hidup di masyarakat. Sama halnya dengan perenialisme, essesialisme juga lebih berorientasi pada masa lalu.
c.       Eksistensialisme
menekankan pada individu sebagai sumber pengetahuan tentang hidup dan makna. Untuk memahami kehidupan seseorang mesti memahami dirinya sendiri. Aliran ini mempertanyakan : bagaimana saya hidup di dunia ? Apa pengalaman itu ?
d.      Progresivisme
menekankan pada pentingnya melayani perbedaan individual, berpusat pada peserta didik, variasi pengalaman belajar dan proses. Progresivisme merupakan landasan bagi pengembangan belajar peserta didik aktif.
e.       Rekonstruktivisme
merupakan elaborasi lanjut dari aliran progresivisme. Pada rekonstruktivisme, peradaban manusia masa depan sangat ditekankan. Di samping menekankan tentang perbedaan individual seperti pada progresivisme, rekonstruktivisme lebih jauh menekankan tentang pemecahan masalah, berfikir kritis dan sejenisnya. Aliran ini akan mempertanyakan untuk apa berfikir kritis, memecahkan masalah, dan melakukan sesuatu ? Penganut aliran ini menekankan pada hasil belajar dari pada proses.
Aliran Filsafat Perenialisme, Essensialisme, Eksistensialisme merupakan aliran filsafat yang mendasari terhadap pengembangan Model Kurikulum Subjek-Akademis. Sedangkan, filsafat progresivisme memberikan dasar bagi pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Pribadi. Sementara, filsafat rekonstruktivisme banyak diterapkan dalam pengembangan Model Kurikulum Interaksional.
Masing-masing aliran filsafat pasti memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, dalam praktek pengembangan kurikulum, penerapan aliran filsafat cenderung dilakukan secara eklektif untuk lebih mengkompromikan dan mengakomodasikan berbagai kepentingan yang terkait dengan pendidikan. Meskipun demikian saat ini, pada beberapa negara dan khususnya di Indonesia, tampaknya mulai terjadi pergeseran landasan dalam pengembangan kurikulum, yaitu dengan lebih menitikberatkan pada filsafat rekonstruktivisme.
B.     Landasan Sosial Budaya
Kurikulum dapat dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan. Sebagai suatu rancangan, kurikulum menentukan pelaksanaan dan hasil pendidikan. Kita maklumi bahwa pendidikan merupakan usaha mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke lingkungan masyarakat. Pendidikan bukan hanya untuk pendidikan semata, namun memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta nilai-nilai untuk hidup, bekerja dan mencapai perkembangan lebih lanjut di masyarakat.
Peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Kehidupan masyarakat, dengan segala karakteristik dan kekayaan budayanya menjadi landasan dan sekaligus acuan bagi pendidikan.Dengan pendidikan, kita tidak mengharapkan muncul manusia – manusia yang menjadi terasing dari lingkungan masyarakatnya, tetapi justru melalui pendidikan diharapkan dapat lebih mengerti dan mampu membangun kehidupan masyakatnya. Oleh karena itu, tujuan, isi, maupun proses pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, karakteristik, kekayaan dan perkembangan yang ada di masyakarakat.
Setiap lingkungan masyarakat masing-masing memiliki sistem-sosial budaya tersendiri yang mengatur pola kehidupan dan pola hubungan antar anggota masyarakat. Salah satu aspek penting dalam sistem sosial budaya adalah tatanan nilai-nilai yang mengatur cara berkehidupan dan berperilaku para warga masyarakat. Nilai-nilai tersebut dapat bersumber dari agama, budaya, politik atau segi-segi kehidupan lainnya.
Sejalan dengan perkembangan masyarakat maka nilai-nilai yang ada dalam masyarakat juga turut berkembang sehingga menuntut setiap warga masyarakat untuk melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap tuntutan perkembangan yang terjadi di sekitar masyarakat.
Israel Scheffer (Nana Syaodih Sukamdinata, 1997) mengemukakan bahwa melalui pendidikan manusia mengenal peradaban masa lalu, turut serta dalam peradaban sekarang dan membuat peradaban masa yang akan datang.Dengan demikian, kurikulum yang dikembangkan sudah seharusnya mempertimbangkan, merespons dan berlandaskan pada perkembangan sosial – budaya dalam suatu masyarakat, baik dalam konteks lokal, nasional maupun global.

C.    Landasan Psikologis
Nana Syaodih Sukmadinata (1997) mengemukakan bahwa minimal terdapat dua bidang psikologi yang mendasari pengembangan kurikulum yaitu
                  (1) psikologi perkembangan
 (2) psikologi belajar.
Psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu berkenaan dengan perkembangannya. Dalam psikologi perkembangan dikaji tentang hakekat perkembangan, pentahapan perkembangan, aspek-aspek perkembangan, tugas-tugas perkembangan individu, serta hal-hal lainnya yang berhubungan perkembangan individu, yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan mendasari pengembangan kurikulum. Psikologi belajar merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam konteks belajar.
Psikologi belajar mengkaji tentang hakekat belajar dan teori-teori belajar, serta berbagai aspek perilaku individu lainnya dalam belajar, yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sekaligus mendasari pengembangan kurikulum.
Masih berkenaan dengan landasan psikologis, Ella Yulaelawati memaparkan teori-teori psikologi yang mendasari Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dengan mengutip pemikiran Spencer, Ella Yulaelawati mengemukakan pengertian kompetensi bahwa kompetensi merupakan “karakteristik mendasar dari seseorang yang merupakan hubungan kausal dengan referensi kriteria yang efektif dan atau penampilan yang terbaik dalam pekerjaan pada suatu situasi“.
Selanjutnya, dikemukakan pula tentang 5 tipe kompetensi, yaitu :
a.       Motif
Sesuatu yang dimiliki seseorang untuk berfikir secara konsisten atau keinginan untuk melakukan suatu aksi
b.      Bawaan
 yaitu karakteristik fisik yang merespons secara konsisten berbagai situasi atau informasi.
c.       Konsep Diri
                 yaitu tingkah laku, nilai atau image seseorang;

d.
    Pengetahuan
            yaitu informasi khusus yang dimiliki seseorang;
e.  Keterampilan
yaitu kemampuan melakukan tugas secara fisik maupun mental.
Kelima kompetensi tersebut mempunyai implikasi praktis terhadap perencanaan sumber daya manusia atau pendidikan. Keterampilan dan pengetahuan cenderung lebih tampak pada permukaan ciri-ciri seseorang, sedangkan konsep diri, bawaan dan motif lebih tersembunyi dan lebih mendalam serta merupakan pusat kepribadian seseorang. Kompetensi permukaan (pengetahuan dan keterampilan) lebih mudah dikembangkan. Pelatihan merupakan hal tepat untuk menjamin kemampuan ini. Sebaliknya, kompetensi bawaan dan motif jauh lebih sulit untuk dikenali dan dikembangkan.Dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi, E. Mulyasa (2002) menyoroti tentang aspek perbedaan dan karakteristik peserta didik, Dikemukakannya, bahwa sedikitnya terdapat lima perbedaan dan karakteristik peserta didik yang perlu diperhatikan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, yaitu :
 (1) perbedaan tingkat kecerdasan;
(2) perbedaan kreativitas;
(3) perbedaan cacat fisik;
(4) kebutuhan peserta didik; dan
(5) pertumbuhan dan perkembangan kognitif.

D.    Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan kedepannya akan terus semakin berkembang
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.

Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
Selain itu, dalam abad pengetahuan sekarang ini, diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat dengan standar mutu yang tinggi. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai masyarakat sangat beragam dan canggih, sehingga diperlukan kurikulum yang disertai dengan kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk berfikir dan belajar bagaimana belajar (learning to learn) dalam mengakses, memilih dan menilai pengetahuan, serta mengatasi siatuasi yang ambigu dan antisipatif terhadap ketidakpastian..
Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seyogyanya dapat mengakomodir dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan dan kelangsungan hidup manusia.
E.     Teori belajar yang melandasi perencanaan pembelajaran
Teori ini terdiri dari bebrapa teori diantaranya :
1.      Teori belajar disiplin mental atau psikologi daya
Untuk memahami pandangan dari teori ini tentang belajar mengajar, teori ini disebut psikologi mental karena menurut pandangan para ahli psikologi, individu atau siswa mempunyai kekuatan atau kemampuan yang bersifat mental atau rohaniah.
Menurut psikologi daya atau fasulty Pschology, individu atau siswa memiliki sejumlah daya atau kekuatan, seperti daya : mengindra, mengenal, mengingat, menanggap, mengkhayal, berpikir, merasakan, menilai, dan berbuat, daya – daya itu dapat dikembangkan melalui latihan, seperti latihan mengamati benda, gambar, latihan mendengarkan bunyi dan suara, latihan mengingat kata, arti kata, dan letak sesuatu kota dalam peta.
2.      Teori belajar behaviorisme atau psikologi tingkah laku
Psikologi ini disebut behaviorisme karena sangat menekankan behavior, yaitu tingkah laku atau perilaku yang dapat diamati atau diukur. Teori ini bersifat molekuler atau unsuriah, karena memandang kehidupan individu manusia terdiri atas unsur-unsur seperti halnya molekul-molekul. Ada beberapa ciri dari psikologi ini, yaitu :
1.      Mengutamakan unsur-unsur atau bagian-bagian kecil
2.      Bersifat mekanistis
3.      Menekankan peranan lingkungan
4.      Mementingkan pembentukan reaksi atau respon
5.      Menekankan pentingnya latihan
3.      Individu dalam belajar
Dalam individu dalam belajar ini terdiri dari :
a.       Kemampuan potensial
Dalam menyusun atau merencanakan program pengajaran komponen siswa juga perlu mendapat perhatian. Program pengajaran, dapat dipandang sebagai suatu skenario tentang apa yang harus dipelajari siswa dan bagaimana mempelajarinya. Agar bahan dsan cara belajar ini sesuai dengan kondisi siswa, maka penyusunan program pengajaran perlu disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa. Keluasan dan kedalaman bahan ajaran perlu disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa. Aktivitas belajar yang direncanakan guru juga perlu memperhatikan hal itu.
b.      Kesiapan dalam belajar
Proses belajar dipengaruhi kesiapan murid, yang dimaksud dengan kesiapan atau readiness ialah kondisi individu yang memungkinkan ia dapat belajar. Berkenaan dengan hal itu terdapat berbagai macam taraf kesiapan belajar untuk suatu tugas khusus. Seseorang siswa yang belum siap untuk melaksanakan suatu tugas dalam belajar akan mengalami kesulitan atau malah putus asa. Yang termasuk kesiapan ini ialah kematangan dan pertumbuhan fisik, intelegensi latar belakang pengalaman, hasil belajar yang baku, motivasi, persepsi dan faktor-faktor lain yang memungkinkan seseorang dapat belajar.
Berdasarkan dengan prinsip kesiapan ini dapat dikemukakan hal-hal sebagai berikut:
1.   Seorang individu akan dapat belajar dengan sebaik-baiknya bila tugas-tugas yang diberikan kepadanya erat hubungannya dengan kemampuan, minat dan latar belakangnya.
2.   Kesiapan untuk belajar harus dikaji bahkan diduga. Hal ini mengandung arti bila seseorang guru ingin mendapat gambaran kesiapan muridnya untuk mempelajari sesuatu, ia harus melakukan pengetesan kesiapan.
c.       Motivasi Belajar
Setiap perbuatan, termasuk perbuatan belajar didorong oleh sesuatu atau beberapa motif. Motif atau biasa juga disebut dorongan atau kebutuhan merupakan sesuatu tenaga yang berada pada diri individu atau siswa yang mendorongnya untuk berbuat mencapai suatu tujuan. Tenaga pendorong atau motif pada seseorang mungkin cukup besar sehingga tanpa motivasi dari luar kita sudah bisa berbuat. Orang atau siswa tersebut memiliki motif internal. Pada orang atau siswa lain, tenaga pendorong ini kecil sekali, sehingga ia membutuhkan motivasi dari luar, yaitu dari guru, orang tua, buku-buku dan sebagainya. Orang atau siswa seperti itu memerlukan motif eksternal.
d.      Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan harus tergambar jelas dalam pikiran dan diterima oleh para pelajar pada saat proses belajar terjadi”. Tujuan ialah sasaran khusus yang hendak dicapai oleh seseorang dan mengenai tujuan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1.   Tujuan seyogianya mewadahi kemampuan yang harus dicapai.
2.   Dalam menetapkan tujuan seyogianya mempertimbangkan kebutuhan individu dan masyarakat
3.   Pelajar akan dapat menerima tujuan yang dirasakan akan dapat memenuhi kebutuhannya.
4.   Tujuan guru dan murid seyogianya sesuai
5.   Aturan-aturan atau ukuran-ukuran yang ditetapkan oleh masyarakat dan pemerintah biasanya akan mempengaruhi perilaku.
e.       Minat belajar
Setiap anak mempunyai minat dan kebutuhan sendiri-sendiri. Anak dikota berbeda minat dan kebutuhannya dengan anak didesa, didaerah pantai berbeda dengan dipegunungan, anak yang akan bersekolah sampai perguruan tinggi berbeda dengan yang akan bekerja setelah tamat SLTA. Bahan ajaran dan cara penyampaian sedapat mungkin disesuaikan dengan minat dan kebutuhan tersebut.
Pengajaran perlu memperhatikan minat dan kebutuhan, sebab keduanya akan menjadi penyebab timbulnya perhatian. Sesuatu yang menarik minat dan dibutuhkan anak, akan menarik perhatian nya, dengan demikian mereka akan bersungguh-sungguh dalam belajar.
f.       Situasi yang mempengaruhi
Seseorang cenderung untuk percaya sesuai dengan bagaimana ia memahami situasi”. Persepsi adalah interpretasi tentang situasi yang hidup. Setiap individu melihat dunia dengan caranya sendiri yang berbeda dari yang lain. Persepsi ini mempengaruhi perilaku individu. Seseorang guru akan dapat memahami murid-muridnya lebih baik bila ia peka terhadap bagaimana cara seseorang melihat suatu situasi tertentu.
Berkenaan dengan persepsi ini ada beberapa hal-hal penting yang harus kita perhatikan:
1.   Setiap pelajar melihat dunia berbeda satu dari yang lainnya karena setiap pelajar memiliki lingkungan yang berbeda. Semua siswa tidak dapat melihat lingkungan yang sama dengan cara yang sama.
2.   Seseorang menafsirkan lingkungan sesuai dengan tujuan,   sikap, alasan, pengalaman, kesehatan, perasaan dan kemampuannya.
3.   Cara bagaimana seseorang melihat dirinya berpengaruh terhadap perilakunya. Dalam sesuatu situais seorang pelajar cenderung bertindak sesuai dengan cara ia melihat dirinya sendiri..


g.      Keteraturan waktu dan disiplin dalam belajar
Menurut The Liang Gie (1995:49) ”pokok pangkal yang utama dari cara belajar yang baik adalah keteraturan”. Sebab dengan keteraturan dan disiplin yang tinggi, maka penyesuaian pengaturan waktu belajar menjadi lebih diterapkan. Suatu masalah pokok yang dihadapi oleh sebagian siswa ialah kesukaran dalam menggunakan waktu belajar. Banyak siswa mengeluh kekurangan waktu untuk belajar, tetapi sesungguhnya mereka kurang memiliki keteraturan dan disiplin untuk mempergunakan waktunya secara efisien.
4.      Tipe-tipe belajar
Dalam praktek pembelajaran, penggunaan suatu dasar teori untuk segala situasi merupakan tindakan kurang bijaksana. Tidak ada suatu teori belajar yang cocok untuk segala situasi, karena masing-masing mempunyai landasan berbeda dan cocok untuk situasi tertentu. Robert M. Gagne mencoba melihat berbagai macam teori belajar dalam satu kebulatan yang saling melengkapi dan tidak bertentangan. Menurut Gagne, ada 8 tipe belajar. Setiap tipe belajar merupakan prasyarat bagi tipe belajar di atasnya. Kedelapan tipe belajar itu adalah:
1.  Belajar Isyarat (Signal Learning)
Belajar isyarat mirip dengan conditioned respons bersyarat. Seperti menutup mulut dengan telunjuk, isyarat mengambil sikap tidak bicara. Lambaian tangan isyarat untuk datang mendekat. Menutup mulut dengan telunjuk dan lambaian tangan adalah isyarat, sedangkan diam dan datang adalah respons. Tipe belajar semacam ini dilakukan dengan merespons suatu isyarat. Jadi respons yang dilakukan itu bersifat umum, kabur dan emosional. Menurut Kimble (1961) bentuk belajar semacam ini biasanya bersifat tidak disadari, dalam artian respons diberikan secara tidak sadar.

2.  Belajar Stimulus (Stimulus Respons Learning)
Berbeda dengan belajar isyarat, respons bersifat umum, kabur dan emosional. respons bersifat spesifik. 2 x 3 = 6 adalah bentuk suatu hubungan S – R. mencium bau masakan sedap, keluar air liur, itu pun ikatan S – R. Jadi belajar stimulus respons sama dengan teori asosiasi. Setiap respons dapat diperkuat dengan reinforcement. Hal ini berlaku pula pada tipe belajar stimulus respons.
3.  Belajar Rangkaian (Chaining)
Rangkaian atau rantai dalam chaining adalah semacam rangkaian antara berbagai S – R yang bersifat segera. Hal ini terjadi dalam rangkaian motorik; seperti gerakan dalam mengikat sepatu, makan, minum, atau gerakan verbal seperti selamat tinggal, bapak-ibu.
4.  Asosiasi Verbal (Verbal Association)
Suatu kalimat “unsur itu berbagun limas” adalah contoh asosiasi verbal. Seseorang dapat menyatakan bahwa unsur berbagun limas kalau ia mengetahui berbagai bangun, seperti balok, kubus, atau kerucut. Hubungan atau asosiasi verbal terbentuk jika unsur-unsurnya terdapat dalam urutan tertentu, yang satu mengikuti yang lain.
5.  Belajar Diskriminasi (Discrimination Learning)
Tipe belajar ini adalah pembedaan terhadap berbagai rangkaian. Seperti membedakan berbagai bentuk wajah, binatang, atau tumbuh-tumbuhan.
6.  Belajar Konsep (Concept Learning)
Konsep merupakan simbol berpikir. Hal ini diperoleh dari hasil membuat tafsiran terhadap fakta atau realita, dan hubungan antara berbagai fakta. Dengan konsep dapat digolongkan binatang bertulang belakang menurut ciri-cit khusus (kelas), seperti kelas mamalia, reptilia, amphibia, burung, dan ikan. Dapat pula digolongkan manusia berdasarkan ras (warna kulit) atau kebangsaan, suku bangsa atau hubungan keluarga. Kemampuan membentuk konsep ini terjadi jika orang dapat melakukan diskriminasi.


7.  Belajar Aturan (Rule Learning)
Hukum, dalil atau rumus adalah rule (aturan). Tipe belajar ini banyak terdapat dalam semua pelajaran di sekolah, seperti benda memuai jika dipanaskan, besar sudut dalam sebuah segitiga sama dengan 180 derajat. Belajar aturan mirip dengan verbal chaining (rangkaian verbal), terutama jika aturan itu tidak diketahui artinya. Oleh karena itu setiap dalil atau rumus yang dipelajari harus dipahami artinya.
8.  Belajar Pemecahan Masalah (Problem Solving Learning)
Memecahkan masalah adalah biasa dalam kehidupan. Ini memerlukan pemikiran. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan menghubungkan berbagai berbagai urusan yang relevan dengan masalah itu. Dalam pemecahan masalah diperlukan waktu, bisa singkat bisa lama. Seringkali harus dilalui dengan berbagai langkah, seperti mengenal tiap unsur dalam masalah itu, mencari hubungannya dengan aturan (rule) tertentu. Dalam segala langkah diperlukan pemikiran. Tampaknya pemecahan masalah terjadi dengan tiba-tiba (insight). Masalah yang dipecahkan sendiri atau penyelesaiannya ditemukan sendiri lebih mantap dan dapat ditransfer pada situasi atau problem lain. Kesanggupan memecahkan masalah memperbesar kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah lain.











BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Implikasi dari psikologis merupakan salah satu landasan pengembangan perencanaan pembelajaran yakni kepada para guru sebagai desainer, developer dan sekaligus sebagai barisan paling depan yakni sebagai implementor kurikulum. Secara teoritis, seorang guru harus/berkewajiban mengenal siswanya, seperti diungkapkan oleh Lan Reece dan Stephen Walker (1997), bahwa semua siswa adalah individu-individu. Tidak ada dua siswa yang belajar dengan cara yang sama. Jadi, meskipun guru memiliki sejumlah siswa dalam kelas, mereka semua merupakan individu sendiri-sendiri. Mereka memiliki harapan masing-masing, dan penting bagi guru untuk memenuhi harapan mereka. Siswa memiliki harapan berdasarkan pada pengalaman belajar sebelumnya. Tugas guru adalah mengetahui cara belajar mengajar pilihan siswa, untuk mengkonsentrasikan cara belajar mengajar yang terbukti sukses dan memperbaiki yang belum berhasil. Menurut Herbert Khol (1986), guru yang baik memiliki ciri,
1) Rasa ingin tahu yang kuat mengenai kehidupan dan kebudayaan   siswanya dan berkeinginan  untuk mengeksplorasi dunia mereka (para siswa);
2)  Memilliki rasa cinta yang mendalam terhadap semua siswanya dan senang menghabiskan waktu bersama siswanya.
Pendapat lainnya dari Nana Syaodih (2003) bahwa siswa yang melakukan kegiatan belajar adalah individu, baik didalam kegiatan klasikal, kelompok maupun individual. Proses dan kegiatan belajarnya tidak dapat dilepaskan dari karakteristik, kemampuan dan perilaku individualnya. Dengan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang kondisi para siswanya, seorang guru diharapkan mampu menciptakan interaksi pendidikan, perlakuan mendidik yang lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas, baik secara teoritis maupun secara empiris atau pelaksanaan dalam praktek, tidak ada alasan bagi seorang guru dalam menjalankan tugasnya  untuk tidak mengenal siswanya. Artinya, bagi seorang guru, mengenali siswa itu harus menjadi prioritas utama. Hal ini dimaksudkan guna mengantisipasi dalam menyusun strategi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa secara individu. Dengan mengenali siswa secara baik, bagi seorang guru, merupakan modal dasar guna mencapai kelancaran dan sekaligus kesuksesan guru yang bersangkutan dalam menjalankan tugasnya, yakni melayani para siswanya agar terjadi proses belajar  secara optimal.
DAFTAR PUSTAKA

Gagne, Robert, M. (1965), The Condition of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Johnson, M. (1977), Intentionality in Education, New York: Center for Curriculum Research and Service.
Khol, H. (1986), On Teaching, Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Reece, L. dan Walker, S. (1997),  Teaching, Training, and Learning: A Practical Guide, Sunderland: Business Education Publishers Limited.
Syaodih Sukmadinata, N. (2003), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
________, (2006), Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surya, M. (2003), Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.
Susilana, R. Dkk. (2006), Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar